Kamis, 19 Maret 2015

Posted by EXCEL & VBA TUTORIAL On 01.37
Tabel rekapitulasi di sini yang dimaksud adalah menghitung berapa total nilai pada sebuah laporan data keuangan berdasarkan kriteria yang diinginkan. Lebih lanjut perhatikan contoh di bawah ini .





Gambar di atas menunjukkan tentang laporan pengiriman barang yang terjadi pada sebuah perusahaan. Kita diminta untuk menghitung berapa rekapitulasi Total Biaya berdasarkan Jenis Barang, Paket Kirim, dan Tujuan.

Langkah - Langkah
  1. Desain tabel rekapitulasi seperti di bawah ini



Ketik Judul Laporan , dan Kriteria Penghitungan seperti Jenis Barang, Paket Kirim, Tujuan, dan Grand Total. Khusus grand total digunakan untuk menghitung total seluruh Total Biaya yang ada. Buat juga satu cell ( tanda tinta biru) yang akan digunakan untuk memasukkan kritera yang akan dihitung nanti. Sebagai contoh, untuk kolom Jenis Barang, terdapat 2 kriteia yaitu SURAT dan PAKET, jika di cell yang kosong tadi (tanda biru) kita ketik Surat, maka secara otomatis di Field Jenis barang akan terhitung berapa Total Biaya untuk jenis Barang "Surat", tetapi Paket Kirim dan Tujuan Kosong, karena tidak termasuk dalam kriteria Jenis barang, dan untuk Grand Total akan selalu terisi, karena fungsinya untuk menghitung seluruh Total Biaya.

    2.  Membuat Fungsi

Fungsi yang digunakan cukup sederhana yaitu SUMIF dan SUM saja, perhatikan contoh di bawah ini:
Fungsi Jenis Barang : =SUMIF($D$13:$D$27;$G$3;$I$13:$I$27)
Warna Biru = Blok Kolom Jenis Barang dan tekan F4 untuk mengunci
Warna Hijau = Klik Cell Kriteria (tanda Biru pada gambar di atas) dan tekan F4 untuk mengunci
Warna Pink =  Blok Kolom Total Biaya dan tekan F4 untuk mengunci.

Fungsi Paket Kirim : =SUMIF($E$13:$E$27;$G$3;$I$13:$I$27)
Warna Biru = Blok Kolom Paket Kirim dan tekan F4 untuk mengunci
Warna Hijau dan Pink, samakan dengan Fungsi Jenis Barang di atas

Fungsi Tujuan : =SUMIF($F$13:$F$27;$G$3;$I$13:$I$27)
Warna Biru = Blok Kolom Tujuan dan tekan F4 untuk mengunci
arna Hijau dan Pink, samakan dengan Fungsi Jenis Barang di atas

Fungsi Grand Total : =SUM($I$13:$I$27)
 Warna Biru = Blok kolom Total Biaya dan tekan F4 untuk mengunci

Setelah rumus / fungsi sudah dimaksukkan sekarang coba anda ketik salah satu kriteria yang ada di setiap kolom Jenis Barang, Paket Kirim, dan Tujuan, lalu tekan Enter, maka jika benar akan muncul hasil yang akan terisi pada Tabel Rekapitulasi di atas sesuai dengan kriteria yang diisi. Perhatikan Contoh di bawah ini :
Ketika saya mengetik Kilat pada Cell Kriteria di atas, maka pada Tabel Rekapitulasi Paket Kirim akan terisi Total Biaya untuk Paket Kirim Kilat, sedangkan yang lain (Jenis Barang, Tujuan ) tidak terisi, karena memang kita sedang mencari Total Biaya Paket Kirim yaitu Kilat.

Demikian cara membuat Tabel Rekapitulasi Menggunakan Excel Macro, untuk  pembuatan makro akan dibahas pada kesempatan berikutnya, yang hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :

3 komentar:

  1. buat tabel rekapitulasinya pake excel juga nggak pak?

    BalasHapus
  2. selamat pagi, saya mau buat form untuk bukti kas dan bank masuk keluar dengan excel macro tapi saya kurang paham fungsinya boleh diajari?

    BalasHapus