Rabu, 30 Oktober 2013

Posted by EXCEL & VBA TUTORIAL On 19.57
Filter adalah salah satu proses menyaring data sesuai dengan kriteria data tertentu. Ada dua filter yang terdapat di Excel, yaitu Auto Filter (Filter) dan Advanced Filter (Advanced). Di sini saya akan mencontohkan cara menggunakan Advanced Filter . Adapun syarat dalam filter data sepengetahuan saya adalah sebagai berikut : 
1. Data yang akan di filter tidak boleh mengandung penggabungan cell 
2. Membuat Tabel Criteria yang diambil dari tabel sumber data yang akan di filter Tabel Criteria bisa  dibuat di bawah laporan atau di samping sesuai kebutuhan. 

Langkah Filter. 
Perhatikan gambar di bawa
 dari gambar di atas kita akan melakukan filter data dengan kriteria :
1. Pendidikan adalah D3
2. Kelas adalah Ms Word

Setelah kriteria ditentukan, kita harus membuat tabel kriteria yang diambil dari tabel inti dengan cara blok dan copy dua baris dari baris judul tabel dan satu baris di bawahnya sesuai kriteria yaitu dari Pendidikan sampai Windows. Perhatikan gambar di bawah.
Lalu Paste hasil copy tadi ke bawah tabel atau samping tabel sesuai selera.
 Setelah tabel criteria terbentuk, hapus isi tabel kecuali Judul Tabelnya (Pendidikan & Kelas) lalu ganti dengan Criteria yang di inginkan yaitu SMA ganti dengan D 3, Windows  ganti dengan Ms Word.

Jika sudah diganti maka proses filter bisa dilakukan. Langkahnya adalah :
1. Seleksi seluruh data yang akan difilter lalu masuk pada bagian Tab Data lalu pada bagian Sort & Filter klik Advanced.
2. Muncul kotak dialog Advanced, ada 2 pilihan yaitu "Filter the list in place" dengan "Copy to another location. Jika memilih yang pertama, maka hasil filter akan ditaruh menggantikan data yang asli, dan sebagian data yang tidak masuk kriteria akan disembunyikan, Jika memilih yang ke-dua maka data hasil filer akan ditaruh ditempat lain sesuai dengan yang anda tentukan. Untuk percobaan kali ini, saya akan memilih filter the list in-place.
Lalu masukkan data kriteria pada criteria range dengan cara klik terlebih dahulu pada kotak isian criteria range, lalu seleksi tabel criteria yang tadi dibuat.
Jika sudah terisi dengan benar, tinggal klik OK, maka data akan terfilter sesuai dengan kriteria.
Untuk mengembalikan data yang tersembunyi akibat proses Advanced filter, cukup mengklik Icon Clear pada bagian Sort & Filter.
Demikianlah cara menggunakan Advanced Filter pada Excel. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. untuk mencari nama yang huruf akhirnya i misalkan, criterianya gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Advance Filter Setau saya hanya dapat menampilkan data dengan kriteria Data Awal saja, tapi kalau ingin menampilkan data dengan kriteria Data Akhir, misalnya huruf Akhiran i tadi, bisa menggunakan Auto Filter pada Kolom Nama, Lalu Pilih Pilih Text Filter, Kemudian Pilih End With, dan isi pada Field Sebelah Kanan dengan i, atau huruf belakang nama, kemudian Klik OK. Semoga membantu.

      Hapus